Jumat, 07 Januari 2011

link gunadarma

www.baak.gunadarma.ac.id



TENTANG BAAK


Profil BAAK

BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :
  1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
  2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
  3. Bagian Koordinasi Perkuliahan
    • Sub Bagian Jadwal Kuliah;
    • Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
    • Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
  4. Bagian Monitoring Kuliah.
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.



www.studentsite.gunadarma.ac.id


UG Information
Academic transcript, Schedule of Lecture & exam(mid & final), Presence Access anytime, anywhere
Communicate, Collaborate, Organize, and Share Information seamlessly Personal and Group Calendar
Plan, schedule and track your personal and team events
Task Management
Create, assign, monitor and track all your personal and team tasks
Email client
Configure your existing mail accounts for sending and receiving mails





www.ilab.gunadarma.ac.id


Pengenalan ILab

Usia mahasiswa yang mulai beranjak dari masa remaja menjadi masa dewasa, perlu diisi dengan pembelajaran sikap-sikap kedewasaan. Salah satu sikap kedewasaan adalah bertanggung-jawab pada dirinya sendiri. Masa depannya adalah tanggung-jawabnya sendiri, karenanya setiap mahasiswa harus memiliki sikap “tidak membuang-buang waktu” untuk hal-hal yang tidak membawa manfaat bagi dirinya. Kesalahan dalam bersikap akan membawa konsekuensi yang harus dipertanggung-jawabkan pada dirinya.
Terkait dengan sikap bertanggung-jawab di atas adalah sikap kemandirian. Kita tidak boleh atau tidak dapat menyerahkan masa depan kita pada orang lain. Sedikit-banyak, masa depan kita tergantung pada apa yang sedang kita lakukan saat ini. Karenanya, saat ini kita harus berbuat sesuatu yang dapat membantu pencapaian cita-cita masa depan. Untuk itu setiap mahasiswa harus memiliki komitmen pada diri sendiri, mana yang perlu atau harus dilakukan dan mana yang tidak perlu atau tidak harus dilakukan. Memang, tidak semua keinginan kita dapat terwujud, karena setiap manusia pasti memiliki kendala atau kekurangan. Karenanya, kita perlu memiliki strategi, prinsip, dan keyakinan diri agar dengan adanya kendala apapun, cita-cita masa depan pasti akan terwujud.
Dengan konsep kemandirian dan strategi pembelajaran kedewasaan, mulai tahun akademik PTA 2008/2009, iLab hadir bukan hanya sekadar tempat praktikum, namun lebih dari itu, ILab menempa setiap praktikan agar memiliki pribadi yang mandiri dan memiliki sikap tanggung-jawab yang tinggi atas (keputusan yang diambil oleh) dirinya sendiri.
Berbeda dengan laboratorium komputer regular yang dimiliki oleh setiap program studi, konsep dari iLab adalah praktikum mandiri. Praktikan mengerjakan praktikum secara mandiri, tidak ada asisten praktikum seperti di laboratorium reguler lainnya yang biasanya diminta membantu para praktikan jika ada kesulitan. Semua perintah, langkah-langkah pengerjaan praktikum, dan permintaan jawaban atas suatu persoalan yang berkaitan dengan praktikumnya, dapat dilakukan melalui terminalnya masing-masing.
Meski secara konsep berbeda, namun demikian, para mahasiswa peserta praktikum (praktikan) yang diperkenankan praktek di iLab adalah mahasiswa yang ditunjuk atau ditentukan oleh pejabat laboratorium komputer di setiap program studi. 










Situs ini di tujukan untuk Mahasiswa gunadarma secara khusus dan pada umumnya.


Kamis, 06 Januari 2011

fungsi iklan

Fungsi dari Iklan

Fungsi Iklan
Iklan sangat penting karena memiliki fungsi komunikasi yang kritis, yaitu: (Shimp,2000)


1.Menginformasikan
Iklan membuat konsumen sadar akan adanya produk baru, memberikan informasi mengenai merk tertentu, dan menginformasikan karakteristik serta keunggulan suatu produk.
Pada tahap awal dari kategori produk, iklan sangat diperlukan untuk membangun permintan primer (kotler). Iklan merupakan bentuk komunikasi yang efisien karena mampu meraih khalayak luas dengan biaya yang relativ rendah.


2.Membujuk
Tujuan ini sangat penting pada tahap persaingan, dimana perusahaan ingin membangun permintaan selektif untuk produk tertentu (Kotler, 2000:578). Bebrapa iklan menggunakan comparative advertising yang memberikan perbandingan atribut dari dua atau lebih merk/produk secara eksplisit.
Iklan yang efektif akan membujuk konsumen utnuk mencoba menggunakan/mengkonsumsi suatu produk. Kadang-kadang iklan dapat mempengaruhi permintaan primer yang membentuk permintaan untuk seluruh kategori produk. Seringkali iklan ditujukan untuk membangun permintaan sekunder yaitu permintaan untuk merk perusahaan tertentu.


3.Mengingatkan
Iklan dapat membuat konsumen tetap ingat pada merk/produk perusahaan. Ketika timbul kebutuhan yang berkaitan dengan produk tertentu, konsumen akan mengingat iklan tentang produk tertentu. Maka konsumen tersebut akan menjadi kandidat pembeli. Iklan dengan tujuan mengingatkan ini sangat penting unruk produk matang (kotler, 2000:579)


4.Memberikan Nilai Tambah
Iklan memberikan nilai tambah terhadap produk dan merk tertentu dengan cara mempengaruhi persepsi konsumen. Iklan yang efektif akan memberikan nilai tambah produk sehingga produk dipersepsikan lebih mewah, lebih bergaya, lebih bergengsi, bahkan melebihi apa yang ditawarkan oleh produk lain, dan secara keseluruhan memberikan kualitas yang lebih baik dari produk lainnya.


5.Mendukung Usaha Promosi Lainnya
Dapat digunakan sebagai alat pendukung usaha promosi lainnya seperti sebagai alat untuk menyalurkan sales promotion, pendukung sales representative, meningkatkan hasil dari komunikasi pemasaran lainnya.
Disamping itu, menurut Tellis (1998) periklanan memberikan dampak terhadap produksi massal dibutuhkan kemampuan suatu perusahaan untuk melayani pasar yang luas. Perusahaan harus memberi merk produknya dengan nama yang unik sehingga konsumen melakukan permintaan terhadap suatu barang tertentu. Jadi, produksi massal dan pemasaran dapat menguntungkan bila telah memiliki merk. Kedua, produksi massal membutuhkan kemasan yang baik. Sehingga perusahaan dapat memberi merk pada kemasan dengan desain dan nama yang unik. Oleh karena itu iklan merupakan alat komunikasi perusahaan terhadap konsumen untuk menyampaikan kualitas produk yang unik yang dapat dilihat dari kemasan unik dan merk produk yang dihasilkan.

sumber:
http://kuliah.dagdigdug.com/2008/04/22/iklan/

sifat dari iklan

Sifat dari Iklan

Mittal 1999 menyebutkan lima sifat iklan yang berhubungan dengan ketidakberwujudan dari iklan.
Sifat-sifat itu antara lain :
a. Abstrak (abstractness)
Meskipun dalam beberapa kasus, iklan dapat diwujudkan dalam bentuk spanduk, baliho atau media periklanan lainnya yang berwujud secara fisik namun pada dasarnya hakikat iklan itu tidak berwujud atau abstrak. hal ini dikarenakan esensi iklan itu adalah pesan atau berita yang dibuat perusahaan yang tentu saja sifat pesan adalah abstrak.
b. Penyajian publik
Iklan bersifat general, umum dan lazim karena tujuan iklan adalah untuk dikomsumsi oleh masyarakat secara umum dan bersifat standar.
c. Kemampuan meresap
Iklan yang baik adalah iklan yang mempunyai kemampuan untuk meresap dan dimaknai sesuai dengan keinginan pemasang iklan.
d. Ekspresi yang diperkuat
Iklan yang baik harus mempunyai kemampuan untuk memperkuat ekspresi produk atau jasa dan bahkan citra perusahaan yang diiklankan melalui sarana warna, bentuk, animasi, suara dan pemilihan kata yang tepat.
e. Tidak mengenai orang tertentu
Iklan yang baik tidak menggambarkan atau ditujukan kepada seseorang secara subjektif melainkan bersifat umum

sumber: Adhyzalkandary
http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2033889-sifat-iklan/






Sifat Iklan dalam konteks komunikasi

1) Informasi dan Persuasi
Kata-kata seperti Informasi dan persuasi nampaknya sederhana. Namun, dari dua kata itulah terdapat ciri proses komunkasi. Informasi artinga memberi tahu apa yang dimaksudkan oleh pemberitahu / komunikator yang dalam hal ini diwakili oleh “iklan” untuk menunjukan adanya garis hubungan antara seseorang yang ingin menjual produknya kepada seseorang yang lain yang membutuhkan produk itu. Kunci periklanan justru terdapat pada kecanggihan merumuskan informasi itu ( Bagaimana memasarkan, dan siapa saja yang membutuhkan ).
Persuasi, dalam proses komunikasi sangat dibutuhkan karena aktivitas perpindahan informasi harus mengandung daya tarik dan menggugah suatu perasaan tertentu.
2) Pengontrol informasi
Karena informasi mengenai suatu produk tertentu disebarluaskan melalu media massa dan bersifat terbuka, maka sebelum dimasukan ke media informasi harus menempuh tahapan tertentu. Bisa meliputi isi, penggunaan waktu, ruang, dan tujuan khalayak sasaran.
3) Media Komunikasi Massa
Perbedaan iklan dngan teknik komunikasi pemasaran yang lain adalah dalam hal komunikasi nonpersonal. Maksudnya adalah dalam komunikasi iklan terdapat alur komunikasi antara si pemasang iklan / sponsor dengan orang pembuat jasa iklan.

sumber : Buletin Wahana Kampus
http://fikom-unpi.blogspot.com/2009/02/sifat-sifat-periklanan.html





Periklanan merupakan bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang dan jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu.
Kotler (2005:277) :
“Iklan adalah segala bentuk penyajian non pribadi dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.”

Periklanan mempunyai sifat-sifat :
1. Public Presentation, yaitu iklan memungkinkan setiap orang menerima pesanan yang sama tentang produk yang di-iklan-kan.
2. Pervasiveness, yaitu pesan iklan yang sama dapat diulang-ulang untuk menetapkan penerimaan informasi.
3. Amplified Expresiveness, yaitu iklan mampu mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui gambar dan suara untuk menggoyangkan audience.
4. Impersonality, yaitu bersifat memaksa audience untuk memperhatikan dan menanggapinya, karena merupakan komunikasi yang menolong.

ciri ciri bahasa iklan

Ciri-ciri Bahasa Iklan. Iklan ini termasuk iklan menipu dan biasanya dengan tanda asterisk. Kalau tampak dari kejauhan sejauh mata memandang, atau kalau sekilas waktu baca dan waktu lihat, ...
Iklan menarik perhatian pelanggan semakin bertebaran di mana-mana, dari pelosok desa sampai dengan wilayah perkotaan.

Rabu, 05 Januari 2011

KB membuat hidup lebih baik


KB Membuat Hidup Lebih Baik

Berita yang saya tonton mengagetkan hati saya..Daerah Singkawang,Kalimantan Barat,yang sebagian penduduknya beragama Tioh Hoa masih banyak mempercayai tentang mitos “ Banyak anak banyak rezeki “ sehingga mereka memiliki anak hingga di atas 5 anak hingga 10 anak.
Tetapi kenyataannya. Kualitas  yang terdapat pada setiap anak yang di lahirkan tidak memuaskan . Apalagi pada kondisi ekonomi  yang terpuruk. Kondisi  mengenaskan terlihat pada keluarga yang berekonomi  rendah  yang masih mempercayai  mitos banyak anak banyak rezaki…
Anak yang lahir pada keluarga yang demikian akhirnya tidak terlalu berkembang baik dan terkontrol..dari segi kesehatan, dan pendidikan..
Kehidupan yang terencana haruslah menjadi pokok pembicaraan penting pada saat ini..Merencanakan kelahiran anak dan keperluan  hidup kedepannya.
Program KB sedang di jalankan BKKBN dalam misi membentuk keluarga berencana terutama  di  warga Tiong Hoa Singkawang,Kalimantan Barat yang mayoritas penduduknya masih percaya akan mitos
“ Banyak anak banyak rezeki “.
Semoga dengan program KB pemerintah dan penyuluhannya dapat memberi dampak perubahan positif untuk penduduk  Indonesia. Sehingga tercipta anak anak bangsa yang lebih berkualitas..

By : Firda Huurunnisa 1 SA 03