Sabtu, 02 Februari 2013

Artikel Pengertian dan Fungsi Bahasa Iklan



PENGARTIAN  BAHASA  IKLAN

          Berasal dari bahasa Yunani , kurang lebih pengertiannya “ mengiring orang pada gagasan “. Secara komprehensip “ semua bentuk aktivitas untuk memperkenlakan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa secara non personal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko. Iklan ialah promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor.
          Iklan merupakan suatu investasi ekonomis, dan bagi kebanyakan perusahaan dan organisasi non profit, iklan merupakan sebuah investasi yang dianggap sangat menguntungkan.
          Iklan memiliki berbagai macam jenis, berdasarkan sifatnya iklan dibedakan atas iklan niaga dan nonniaga. Iklan niaga dibuat untuk mempengaruhi khalayak/masyarakat supaya tertarik untuk memiliki, membeli, dan mengunakan produk yang diiklankan. Iklan nonniaga/layanan masyarakat dibuat untuk menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat mempunyai rasa simpati atau memberikan dukungan terhadap hal yang diiklankan.
          Berdasarkan tujuan, iklan dibedakan atas iklan penawaran/permintaan dan iklan pengumuman. Sedangkan berdasarkan ruang (space), iklan dibedakan iklan baris dan displai. Iklan baris adalah iklan yang menggunakan bahasa singkat dan padat. Iklan baris biasanya disusun berdasarkan golongan yang sama. Misalnya: iklan penjualan rumah masuk dalam kolom properti atau rumah dijual.
          Iklan lowongan pekerjaan dan mencari pekerjaan masuk golongan karier, misalnya: pada setiap surat kabar penggolongan iklan diberi nama yang berbeda-beda. Iklan baris memiliki beberapa komponen, yaitu: komponen aktivitas, produk yang diiklankan, spesifikasi produk, dan identitas pengiklan.
          Iklan adalah promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Bila selama ini teman-teman hanya sering melihat iklan bahasa Indonesia saja, maka dalam tulisan ini teman-teman akan disungguhkan dengan contoh iklan bahasa Inggris bergambar atau yang bisa juga disebut dengan istilah contoh advertisement english.
          Kebanyakan orang Indonesia ataupun orang di negara lain membuat iklan bahasa inggris dengan tujuan untuk memasarkan produk atau jasanya di dunia, saya juga yakin jika anda juga melakukannya dengan tujuan tersebut.
          Iklan, dalam bahasa Inggris disebut advertisement, bisa saja dipelajari agar kita siap untuk menghadapi tantangan dunia global saat ini. Oleh karena itu, sobat harus serius mengerjakannya. Tapi, jangan sibuk mencari contoh iklan bahasa inggris bergambar, iklan dalam bahasa inggris, iklan mobil berbahasa Inggris, iklan rumah dalam bahasa Inggris, iklan produk dalam bahasa Inggris dan berbagai jenis iklan lainnya.
          Di bawah ini adalah empat fungsi bahasa iklan ;

 a. Fungsi Precipitation

 Iklan berfungsi untuk mempercepat berubahnya suatu kondisi dari keadaan yang semula tidak dapat mengambil keputusan menjadi dapat mengambil keputusan. Sebagai contoh adalah meningkatkan permintaan, menciptakan kesadaran dan pengetahuan tentang sebuah produk.

 b. Fungsi Persuasion

 Iklan berfungsi untuk membangkitkan khalayak sesuai pesan yang diiklankan. Hal ini meliputi daya tarik emosi, menyampaikan informasi tentang ciri suatu produk, dan membujuk konsumen untuk membeli.

 c. Fungsi Reinforcement (meneguhkan sikap)

 Iklan mampu meneguhkan keputusan yang telah diambil oleh khalayak.

 d. Fungsi Reminder

 Iklan mampu mengingatkan dan semakin meneguhkan terhadap produk yang diiklankan.
 Iklan di televisi memiliki kecendrungan menggunakan tindak tutur lisan yang berbeda antara iklan satu dengan yang lain. Atau dengan kata lain, iklan di televisi cenderung menggunakan bahasa percakapan. Percakapan itu sangat membantu menjelaskan maksud percakapan sehingga kalimat yang digunakan pun diusahakan kalimat yang efektif. Bahkan jenis iklan yang sama pun memiliki tindak tutur yang berbeda pula. Berbagai iklan yang ditayangkan di televisi memiliki keragaman demi menjaring konsumennya dengan pengemasan bahasa yang semenarik mungkin. Bahkan demi menjaring konsumen, setiap iklan menunjukkan keunggulan barang yang diiklankan. Selain itu, iklan kerap kali ditayangkan berulang kali sehingga akan semakin memberikan kesan yang dalam kepada konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Hal ini mempunyai maksud konsumen akan selalu ingat dengan tidak mempedulikan produk sejenis.
  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar