PENGARTIAN BAHASA IKLAN
Berasal dari bahasa Yunani , kurang lebih pengertiannya “
mengiring orang pada gagasan “. Secara komprehensip “ semua bentuk aktivitas
untuk memperkenlakan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa secara non
personal tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko. Iklan ialah
promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sebuah
sponsor.
Iklan merupakan suatu investasi ekonomis, dan bagi
kebanyakan perusahaan dan organisasi non profit, iklan merupakan sebuah
investasi yang dianggap sangat menguntungkan.
Iklan memiliki berbagai macam jenis, berdasarkan sifatnya
iklan dibedakan atas iklan niaga dan nonniaga. Iklan niaga dibuat untuk
mempengaruhi khalayak/masyarakat supaya tertarik untuk memiliki, membeli, dan
mengunakan produk yang diiklankan. Iklan nonniaga/layanan masyarakat dibuat
untuk menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat mempunyai rasa simpati
atau memberikan dukungan terhadap hal yang diiklankan.
Berdasarkan tujuan, iklan dibedakan atas iklan
penawaran/permintaan dan iklan pengumuman. Sedangkan berdasarkan ruang (space),
iklan dibedakan iklan baris dan displai. Iklan baris adalah iklan yang
menggunakan bahasa singkat dan padat. Iklan baris biasanya disusun berdasarkan
golongan yang sama. Misalnya: iklan penjualan rumah masuk dalam kolom properti
atau rumah dijual.
Iklan lowongan pekerjaan dan mencari pekerjaan masuk
golongan karier, misalnya: pada setiap surat kabar penggolongan iklan diberi
nama yang berbeda-beda. Iklan baris memiliki beberapa komponen, yaitu: komponen
aktivitas, produk yang diiklankan, spesifikasi produk, dan identitas pengiklan.
Iklan adalah promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang
harus dibayar oleh sebuah sponsor. Bila selama ini teman-teman hanya sering
melihat iklan bahasa Indonesia saja, maka dalam tulisan ini teman-teman akan
disungguhkan dengan contoh iklan bahasa Inggris bergambar atau yang bisa juga
disebut dengan istilah contoh advertisement english.
Kebanyakan orang Indonesia ataupun orang di negara lain
membuat iklan bahasa inggris dengan tujuan untuk memasarkan produk atau jasanya
di dunia, saya juga yakin jika anda juga melakukannya dengan tujuan tersebut.
Iklan, dalam bahasa Inggris disebut advertisement, bisa
saja dipelajari agar kita siap untuk menghadapi tantangan dunia global saat
ini. Oleh karena itu, sobat harus serius mengerjakannya. Tapi, jangan sibuk
mencari contoh iklan bahasa inggris bergambar, iklan dalam bahasa inggris,
iklan mobil berbahasa Inggris, iklan rumah dalam bahasa Inggris, iklan produk
dalam bahasa Inggris dan berbagai jenis iklan lainnya.
Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/linguistics/2018848-bahasa-iklan-dan-fungsinya/#ixzz2JoFz8GFj
Di bawah ini adalah empat fungsi bahasa iklan ;
a. Fungsi
Precipitation
Iklan berfungsi untuk mempercepat berubahnya
suatu kondisi dari keadaan yang semula tidak dapat mengambil keputusan menjadi
dapat mengambil keputusan. Sebagai contoh adalah meningkatkan permintaan,
menciptakan kesadaran dan pengetahuan tentang sebuah produk.
b. Fungsi Persuasion
Iklan berfungsi untuk membangkitkan khalayak
sesuai pesan yang diiklankan. Hal ini meliputi daya tarik emosi, menyampaikan
informasi tentang ciri suatu produk, dan membujuk konsumen untuk membeli.
c. Fungsi
Reinforcement (meneguhkan sikap)
Iklan mampu meneguhkan keputusan yang telah
diambil oleh khalayak.
d. Fungsi Reminder
Iklan mampu mengingatkan dan semakin
meneguhkan terhadap produk yang diiklankan.
Iklan di televisi memiliki kecendrungan
menggunakan tindak tutur lisan yang berbeda antara iklan satu dengan yang lain.
Atau dengan kata lain, iklan di televisi cenderung menggunakan bahasa
percakapan. Percakapan itu sangat membantu menjelaskan maksud percakapan
sehingga kalimat yang digunakan pun diusahakan kalimat yang efektif. Bahkan
jenis iklan yang sama pun memiliki tindak tutur yang berbeda pula. Berbagai
iklan yang ditayangkan di televisi memiliki keragaman demi menjaring
konsumennya dengan pengemasan bahasa yang semenarik mungkin. Bahkan demi
menjaring konsumen, setiap iklan menunjukkan keunggulan barang yang diiklankan.
Selain itu, iklan kerap kali ditayangkan berulang kali sehingga akan semakin
memberikan kesan yang dalam kepada konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
Hal ini mempunyai maksud konsumen akan selalu ingat dengan tidak mempedulikan
produk sejenis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar