Sabtu, 27 Oktober 2012

Istilah Kepariwisataan


Firda Huurunnisa 12610796
Wisnu Murti 18610559
ISTILAH KEPARIWISATAAN
“Sumut
1.       Perkampungan suku Batak Toba
-          Perkampungan yang mengikuti pola berbanjar (kampung) yaitu suatu tata ruang lingkungan dengan komunitas yang utuh dan kuat solidaritasnya.
2.       Lumban
-          Desa atau kampung pada suku Batak, di setiap masing-masing desa di lengkapi dua puntu gerbang (Bahal) pada sisi bagian utara dan selatan dan sekeliling kampung  di pagar batu setinggu dua meter.
3.       Sopo
-          Lumbung sebagai tempat penyimpanan bahan pangan seperti padi atau jagung.
4.       Bika Ambon
-          Sejenis panganan asal Sumatra Utara terbuat dari bahan-bahan seperti telur,gula dan santan.
5.       Lemang
-          Makanan dari beras ketan yag di masak dalam seruas bambu setelah sebalumnya di gulung dengan selembar daun pisang.
6.       Lapis Legit
-          Sejenis kue yang terbuat dari adonan tepung dan telur.
7.       Tuak
-          Sejenis minuman yang merupakan hasil permentasi dari behan minuman atau buah yang mengandung gula.
8.       Tari Karo
-          Salah satu tari tradisi dari daerah Karo, Sumatera Utara. Tari ini menggambarkan percintaan muda mudi pada malam hari di bawah terang sinar bulan purnama.
9.       Danau Toba
-          Danau terluas di Sumatera Utara.
“Sumbar
10.   Rumah Gadang
-          Nama Untuk rumah adat minangkabau provinsi Sumatera Barat, rumah ini memiliki keunikan bentuk arsitektur yaitu dengan atap yang menterupai tanduk kerbau di buat dari bahan ijuk.
11.   Asam Pade
-          Masakan khas Sumatera Barat yang bercita rasa asam dan pedas. Bumbunya lazim menggunakan asam jawa, cabe, dan berbagai racikan bumbu lainnya. Bahan utamanya biasanya menggunakan berbagai jenis ikan seperti tongkol, kakap,atau tuna.
12.   Rendang
-          Masakan tradisional khas Sumatera Barat yang menggunakan santandan daging sebagai bahan utamanya. Selain itu, rendang juga meggunakan bumbu khas Indonesia seperti cabai (lado), lengkuas, serai, bawang, dan bumbu lainnya.
13.   Ayam Pop
-          Makanan khas khas Sumatera Barat yang menggunakan bahan utama ayam, air kelapa, dan santan. Selain bahan-bahan tadi, ayam pop menggunakan bumbu bawang putih, jahe dan garam.
14.   Itiak Lado Hijo
-          Gulai daging bebek muda yang berasal dari Sumatera Barat yang dilumuri cabai hijau.
15.   Dendeng
-          Makanan khas Sumatera Barat berbahan utama daging yang di potong tipis menjadi serpihan yang lemaknya di pangkas, dibumbui dengan saus asam, asin, atau manis dengan dikeringkan oleh api atau diasinkan dan di jemur.

www.uniknya.com/2011/06/02/5-masakan-khas-sumetera-barat/
      
      16.   Gulai Banak
-          Makanan khas Minangkabauyang berbahan dasar otak sapi yang dipotong-potong dan diberi kuah santan pedas.
17.   Kerupuak Sanjai
-          Sejenis jajanan atau panganan kerupuk dari Sumatera Barat yang terbuat dari bahan singkong yang diparut dan diberi garam lalu digoreng.
18.   Galamai
-          Salah satu jenis makanan kecil dari Sumatera Barat yang bahan utamanya tepung beras ketan, gula aren, dan santan

http://indonesia-liek.blogspot.com/2011/07/makanan-khas-padang-sumetera- barat.html?m=1
     19.   Lemang Tapai
-          Jajanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari perpaduan antara lemang yang terbuat dari ketan putih, dan tapai ketan hitam
     20.   Danau Singkarak
-          Danau yang terbesar di Sumatera Barat dengan panjang 21 kilometer yang terlatak di pinggir jalan Padang Panjang-Solok.
21.   Jam Gadang
-          Bangunan menara yang tinggi menjulang di Sumatera Barat dengan megahnya, beratapkan khas Minangkabau. Di tengah bangunan tersebut pada bagian atas terdapat jam besar.
22.   Benteng De Kock
-          Benteng ini dibangun di puncak di dalam kota Bukitinggi tahun 1825 pada waktu terjadi perlawanan rakyat yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol dan Harimau Nan Salapan terhadap Belanda.
23.   Gedung Tri Arga / Istana Bung Hatta
-          Gedung yang terletak di kota Bukittinggi ini masa dahulu merupakan pusat pemerintahan darurat RI tahun 1947.
24.   Ngarai Sianok
-          Lambah yang indah, hijau, dan subur. Di dasarnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing di pusat kota Bukittinggi. Membujur dari selatan Nagari Koto Gadang terus ke utara, Nagari Sianok 6 suku dan berakhir di Palupuh dengan panjang 15 km, kedalaman 100 m, dan lebar 200 m.
25.   Lembah Anai
-          Lingkingan lembah Anai adalah hutan yang lebat yang mengesankan dan merupakan hutan lindung. Di dasarnya mengalir sebuah sungai Batang Anai degan airnya yang bening juga air terjun setinggi 40 m dan dekat sekali dengan jalan raya.
26.   Embun Pagi
-          Merupakan tempat wisata di desa Padang Gelanggang 24 km dari Bukittinggi dengan keindahan danau Maninjau yang membiru serta di kelilingi bukit-bukit yang menghijau.
27.   Ngalau Indah
-          Gua di 2 km sebelum memasuki Payakumbuh dari arah Bukittinggi dengan suasana gua alam yang di penuhi dengan stalagmit-stalagmit.
28.   Istana Pagaruyung
-          Istana ini di bangun oleh Kerajaan Pagaruyung di Batu Sakar yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Di sekitar istana terdapat keindahan alam yang sejak istana ini, terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.
29.   Lembah Harau
-          Cagar alam dengan bukit kapur yang curam dengan ketinggian 100 – 150 m. Terletak 14 km dari Payakumbuh.
30.   Pandai Sikek
-          Daerah pusat kerajinan ukiran dan tenunan kain songket. Pandai sikek terletak di kaki gunung Singgalang kurang lebih 10 km sebelum memasuki kota Bukittinggi.
31.   Kawasan Bukit Langkisau
-          Memiliki ketinggian 1000 kaki  yang terletak antara Desa Salido dan kota Painan pesisir selatan. Di sana terdapat pemandangan yang memukau dan di laut lepas dan kawasan bukit Langkisau juga di manfaatkan sebagai sarana olah raga terbang layang dengan lokasi pendaratan di pantai Calocok atau pantai Salido.
32.   Desa Pariyaman
-          Desa tertua di Minangkaba, di mana berasalnya nenek moyang orang Minagkabau terletak di lereng gunung merapi di tepi jalan raya Padang Panjang – Batu Sangkar. Disana  terdapat rumah adat lumbung padi pemandian air panas, dan beberapa peninggalan sejarah.
            “Bengkulu”
33.   Tempoyak atau tempuyak
-          Yaitu jenis makanan yang berbahan baku dari buah durian yang di asamkan biasa di campurkan dengan ikan kecil dan udang.
34.   Pedap Ikan Pais
-          Yaitu makanan seperti pepes yang juga terbuat dari bahan baku ikan.
35.   Bagar Hiu
-          Yaitu makanan yaang boleh di bilang hampir mirip rendang yang berbahan dasar ikan hiu.
36.   Lemah
-          Yaitu makanan yang terbuat dari bambu muda, di daerah lain biasa di sebut rebung, rasanya asam dan pedas.
37.   Asinan Gurita Kaur
-          Yaitu makanan yang berbahan baku dari gurita yang di asinkan.
38.   Juadal Tat
-          Yaitu sejanis kue yang mirip dengan kue tart.
39.   Perut Punai
-          Yaitu sejenis kue kering yang sangat lezat.
40.   Lepek Binti
-          Yaitu kue yag di bungkus daun pisang mirip lemper namun berbahan baku tepung.
41.   Ketupat Begkulu atau Ketupek Bengkulu
-          Yaitu sejenis ketupat tetapi lebih khas Bengkulu.
42.   Emping Melinjo Enggano.
-          Yaitu sejenis kerupuk emping melinjo biasa, namun lebih memiliki rasa yang renyah dan gurih karena terbuat dari bahan melinjo pilihan pulau Enggano.
43.   Kantor Pemerintahan Gubernur Inggris Thomas Stamford Raffles.
-          Bangunan ‘Istana Gubenur’ ini terletak sekitar 300 meter ke arah Utara Benteng Marlborough. Diantara kedua bangunan penting ini terdapat Tugu Thomas Parr yang merupakan salah satu monumen penting baik bagi Bangsa Inggris maupun Bangsa Indonesia.
44.   Benteng Marlborough Bengkulu
-          Benteng Marlborough merupakan bangunan kokoh peninggalan Inggris yang dibangun pada 1713 hingga 1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Collet. Nama benteng ini menggunakan nama seorang bangsawan dan pahlawan Inggris, yaitu John Churchil, Duke of Marlborough I. Benteng ini tergolong terbesar di kawasan Asia.
-           
45.   Rafflesia Arnoldii
-          Rafflesia adalah bunga terbesar di dunia.Sejarah penemuan bunga rafflesia juga terjadi di hutan hujan tropis wilayah Bengkulu oleh Thomas Stamford Raffles dan Dr Joseps Arnold pada 1818.
Apalagi dari 25 spesies rafflesia, jenis Rafflesia arnoldi adalah bunga dengan diameter paling lebar mencapai 100 cm, dan beratnya hingga 10 kilogram.
46.   Konservasi Amorphopallus Kepahiang Bengkulu
-          Konservasi flora Amorphophallus di Wisata Hutan tropis yang ditawarkan oleh Kepahiang ini terletak di Desa Tebat Monok. kawasan yang masih masuk daerah Hutan Lindung ini menyimpan kekhasan yang bernilai tinggi yaitu merupakan daerah habitat flora langka Amorphophallus. Daerah ini juga menjadi daerah konservasi flora langka lainnya yaitu Rafflesia arnoldii . Seperti diketahui, bunga yang memiliki ukuran raksasa ini dapat mencapai diameter 1,5 meter. Sedangkan Amorphophallus ini mencapai tinggi 2 meter.

http://wisata.tokobunganusantara.com/bengkulu/html


47.   Rumah Adat Bangsa Melayu Bengkulu
-          Dalam bahasa melayu Bengkulu, rumah tempat tinggal dinamakan juga “Rumah”. Rumah tradisional Bengkulu termasuk tipe rumah panggung. Rumah panggung ini dirancang untuk melindungi penghuninya dari banjir. Disamping itu kolong rumah panggung juga dapat dipergunakan untuk menyimpan gerobak, hasil panen, alat-alat pertanian, kayu api, dan juga berfungsi sebagai kandang hewan ternak.

http://simpanglimo.blogspot.com/2008/02/rumah-adat-bangsa-melayu-bengkulu.html
“Sumsel”
48.   Pempek
-          Makanan khas Palembang yang berbahan dasar ikan tengiri dan sagu. Di sajikan dengan kuah cuka.
49.   Tekwan
-          Makanan khas Palembang ini berbahan dasar ikan tengiri dan sagu yang di bentuk menyerupai bakso ikan yang di sajikan berupa sup kaldu udang dan di legkapi dengan jamur kuping, soun, dan bengkoang.
50.   Otak-otak
-          Makanan ini di buat hampir seperti pempek tetapi di campur dengan santan yang di bungkus dengan daun pisang dan di bakar. Biasanya otak-otak di santap dengan sambal kacang.
51.   Rumah Limas
-          Rumah Limas merupakan prototipe rumah tradisional Palembang. Selain ditandai dengan atapnya yang berbentuk limas, rumah tradisional ini memiliki lantai bertingkat tingkat yang disebut Bengkilas dan hanya dipergunakan untuk kepentingan keluarga seperti hajatan. Para tamu biasanya diterima diteras atau lantai kedua.
“Jambi”
52.   Gulai Tempoyak
-          Tempoyak merupakan makanan yang berasal dari buah durian yang difermentasikan. Rasanya sangat mengundang selera. Tidak ada orang asli Jambi yang tidak pernah mencicipi makanan terbuat dari asam durian itu.
53.   Kue Padamaran
-          Kue Padamaran dibuat seperti adonan bubur, namun lebih padat, warnanya hijau serta disajikan di dalam lipatan rapih daun pisang yang disebut Takir. Kue ini terbuat dari tepung beras, santan dan aroma pandan. Adonan diberi gula merah dan disiram sedikit santan kental kemudian dikukus.
54.   Burgo
-          Burgo adalah makanan yang terbuat dari campuran tepung beras dan sagu tani, dibentuk semacam dadar yang agak tebal, lalu digulung memanjang. Burgo terasa kenyal di mulut, cara menyajikannya adalah dengan dipotong pendek-pendek, lalu disiram kuah santan yang gurih serta taburan bawang goreng. Uniknya, kuah santar terbuat dari kaldu udang dan ikan.
55.   Kue Gandus
-          Kue Gandus terasa gurih di lidah karena kuah santannya, dan taburan ebi serta bawang goreng di atasnya. Gandus juga terbuat dari tepung beras, santan dan sagu sehingga teksturnya legit, adonan tersebut dibumbui oleh bawang putih dan cabe. Selain ebi, dapat juga menaburkan ayam, daging giling atau abon ikan sebagai pelengkap.
56.   Kue Srikaya
-          Kali ini tape adalah bahan dasarnya, Kue Srikaya juga merupakan campuran santan, kemudian perwarna hijau dan pengharum daun pandan. Sebagai penyedap rasa, ditambahkan gula dan rempah-rempah. Adonan Kue Srikaya juga diletakkan ke dalam mangkuk daun pisang dan dikukus hingga matang.
57.   Dodol Kentang Kerinci
-          Cemilan khas Jambi ini memang yang paling banyak diminati sebagai oleh-oleh. Terbuat dari kentang asli Kerinci. Kentang dari perbukitan kaki gunung kerinci dengan kualitas terbaik. Rasanya manis dan gurih. Sebagai pilihan, tersedia rasa pandan, strawberry, gula aren, nanas dan durian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar