Selasa, 30 Oktober 2012

Lanjutan ke 3 istilah kepariwisataan


Lanjutan ke 3 istilah kepariwisataan 3 SA03
Wisnu Murti (18610559)
Firda Huurunnisa (12610796)
 
 
 
85.      Selimpok

-          penganan khas Lampung yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara direbus. Jenis jenis selimpok seperti selimpok bungking, selimpok pais, selimpok lunik, selimpok khanyat dan lain lain.

      86.      Seruit.

-          kuliner khas Lampung, yaitu masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambol dilan [terasi]. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan sungai seperti belida, baung, layis, betok, palau dan lain lain ditambah lalapan.

       87.      Gegunduh.

-          penganan khas Lampung yang terbuat dari pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan terigu, dimasak dengan cara digoreng, penganan isi memiliki citarasa manis karna menggunakan jenis pisang tertentu.

       88.     Gulai Taboh.

-        kuliner khas Lampung yang juga dapat diartikan sebagai gulai santan. Gulai ini biasanya berisi khattak atau kacang kacangan seperti kacang/khattak gelinyor, kacang merah/khattak ngisi, kacang panjang/khattak kejung, khattak tuwoh, rebung, kentang dan lain lain.

      89.    Kemplang.

-        kerupuk khas dari lampung, sumatera selatan dan sekitarnya, jadi kalo dibilang makanan khas lampung saya rasa gak juga karena daerah lain juga ada. Kerupuk ini cukup istimewa karena tidak digoreng dengan minyak melainkan di panggang sehingga tidak mengandung minyak goreng, ini bagus sekali buat yang mengurangi goreng-gorengan.
Keenakan Kemplang sudah sangat terkenal karena disamping gurih juga tidak mengenyangkan sehingga bisa dimakan sebagai cemilan. biasanya makan Kemplang dengan cocolan sambel atau juga dengan cuka, rasanya muantep dijamin akan membuat kita ketagihan.

 
     90.     Gabing

-          makanan khas lampung yang terbuat dari batang kelapa muda. wah pasti banyak nih para pembaca yang belum makan atau belum pernah dengar . ya batang kelapa muda tersebut di potong dengan ukuran sedang setelah itu di sayur dengan kuah santan , rasa yang di berikan oleh batang kelapa ini adalah rasa manis dan gurih apa bila di gigit, rasa yang di timbulkan ialah rasa unik dan menarik.

     91.      Umbu

-        suatu lalapan yang asli dari lampung. lalapan ini bukan berbentuk dedaunan hijau , umbu ialah lalap yang terbuat dari rotan muda yang di rebus hingga lunak . mungkin tebakan kalian makanan ini rasanya mirip dengan gabing? tetapi kenyataannya makanan ini jauh berbeda dengan gabing , umbu lebih cendrung berasa pahit seperti pare , tetapi pahit umbu ini dapat membangkitkan napsu makan loh.
Sambal Asam Kembang.


 

92.      Rumah Sessat

-          Rumah adat pribumi Lampung bernama Sessat. Bentuk bangunan dimaksud berdasarkan keasliannya mempunyai ciri-ciri fisik berbentuk panggung bertiang yang bahan bangunannya sebagian besar terbuat dari kayu. Pada sisi bangunan tertentu ada yang memiliki ornamen yang khas. Umumnya sessat ini berupa rumah besar. Namun dewasa ini, rumah-rumah adat (sessat) di kampung-kampung penduduk asli Lampung sebagian besar dibangun tidak bertiang/depok (berlantai di tanah).


       93.      Danau Ranau

-        Objek Wisata Danau Ranau, berada di Kampung Lombok, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat ini cukup menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini cukup asri dan jauh dari polusi, pasti seneng banget mengunjugi danau Ranau. Tahun 2007 telah diresmikan oleh Bupati Lampung Barat, pusat wisata baru di wilayah Lombok kec.sukau.kab Lampung barat. yang dilengkapi Hotel bertaraf Bintang 3 yang berfasilitas lengkap. maka cocok untuk tempat berwisata bagi keluarga anda.

       94.  Pantai Tanjung Setia

-          Deburan ombak di pantai Tanjung Setia yang berhadapan dengan Samudera Hindia, memang membuat gemas bagi para wisatawan minat khusus untuk berselancar. Selain ombaknya tinggi dan panjang, kondisi lautnya masih alami, belum tercemar bahkan udaranya sangat sejuk dan kondisi alamnya yang damai, jauh dari kebisingan. Karena itu, tidak berlebihan pantai yang berada Pekon Bumi Agung, Kecamatan Biha, sekitar 22 km dari Kota Krui dijuluki mutiara terpendam. Karena deburan ombaknya tidak kalah dengan yang ada di Bali dan Nias. Selain itu, kondisi pasir pantai yang halus, putih bak mutiara serta kebersihan pantai masih terjaga.


           

“istilah kepariwisataan”

95.  Hitchhiking

-        Istilah ini sering pula disebut thumbing, tramping, hitching, thumbing up a ride, atau autostop. Orang-orang yang ingin bepergian menyetop kendaraan yang lewat dengan mengacungkan jempol sebagai isyarat. 

 

96.  Cancellation fee

-          Biaya atas pembatalan penggunaan jasa yang telah dipesan sebelumnya seperti, pembatalan pemesanan hotel, tiket pesawat, paket tour dan lain-lain. 
    
       97.  Resort hotel

-          Hotel yang digunakan untuk liburan, lokasinya berada di pantai, pegunungan atau berdekatan dengan obyek wisata. Bentuk bangunannya biasanya landed house.

        98.  Check out

-          Melaporkan diri atas telah berakhirnya pemakaian jasa atau produk wisata yang digunakan 

        99.  Business hotel

-          Lokasinya terletak di pusat kota dan lebih banyak digunakan pelaku bisnis. Karena harga tanah di pusat kota sangat mahal, bangunannya biasanya menjulang ke atas.

 
        100.  Full board

-       Suatu hotel yang menyediakan penginapan termasuk didalamnya memberi konsumsi (Makan Pagi, Siang dan makan malam) kepada tamunya selama menginap di hotel tersebut.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar